Throw Back 2019: Trip Bromo 19-20 Desember 2019

Halo guys! Akhirnya ada yang bisa di post lagi di blog ini. Sekarang gw mau membawakan cerita trip bromo yang dilakukan tanggal 19-20 Desember 2019 ini bersama teman-teman seangkatan PSP 2017. Awal trip ini ide dari gw dan satu temen gw yang kebetulan kita berdua ngidam banget pergi ke bromo. Rencana awal sih nyewa jeep, dan karena sewa jeep harus 6 orang maka dari itu gw sama dia nyari orang lagi buat pergi dan dapetnya cewek semua. Eh, tapi entah bagaimana tiba-tiba salah satu anak cowok PSP yang hobi banget travelling itu bikin ajakan buat satu angkatan PSP yang mau ke bromo bisa bilang dia :) wow dan unexpectable, ada 34 orang yang mau ikut! dan semua orang itu masuk ke grup Line yang namanya Bromo 19 Desember. Gw langsung hilang napsu sih awalnya karena kalau udah banyakan gini biasanya gatot. Ditambah rencana trip yang diketuai oleh Imad ini akan menggunakan motor sebagai kendaraan menuju ke bromo. Gw merasa saat itu juga harus merelakan bucketlist gw untuk liburan tahun 2019 ini :) Karena bagi yang tahu, medan menuju bromo itu ga main-main. Makanya butuh kendaraan yang proper seperti Jeep untuk melihat keindahan gunung tersebut. Ditambah rencana pergi awalnya tanggal 20 desember dimana bertepatan pada hari Jumat. Terus masalahnya apa? masalahnya dipuncak nanti ga ada masjid buat Jumatan, jadinya harus turun keperkampungan atau sekalian menuju malang untuk sholat jumat dan itu berarti gak akan ada waktu cukup untuk ke lautan pasir. Wow, ke bromo ga kelautan pasir itu ya kayak gak ke bromo, bcs itu icon dari wisata gunung bromo. Oke, skip ceritanya gak akan selesai satu entry kalau gini haha. Gw skip sampai pada akhirnya D-Day! Tanggal 19 Desember akhirnya datang juga dan kita start jalan dari malang jam 4 :) Yes jam 4 sore, dimana itu udah telat banget dari perkiraan karena seharusnya kami berangkat jam 1 tapi karena ini-itu dan banyak hal akhirnya berangkat jam 4. Oh ya gw lupa ngasih tau, bahwa di rencana trip ini kami mau camping disana supaya bisa lebih punya waktu banyak untuk ke lautan pasir :) dan motor yang kami pakai adalah motor rental.

PCX putih, motor kesayangan:)

Awal jalan, belum keluar dari kawasan KPRI 1 motor yaitu motor Nmax yang dikendarai mas cay tiba-tiba kunci motornya ga bisa dilepas dari tangki bahan bakar. Wow itu menguras tenaga untuk tidak emosi :) dan akhirnya panggil tukang kunci dulu. Bayar deh 10rb. Oke no problem, yang penting bisa jalan. Next saat ditengah perjalanan, gw lupa mungkin sekitaran mau ke pasuruan ban motor yang dikendarai Ramdhan bocor. Alhasil satu rombongan yang kira-kira ada 17 motor itu berhenti dulu nungguin ramadhan dan Ofi buat benerin ban. Posisi saat itu gw belum makan, si Aji yang ngeboncengin gw juga belum makan. Intinya banyak yang pada belum makan, akhirnya kita ngebakso dulu dipinggir jalan sambil nungguin Ramadhan. Udah dua kejadian nih wkwk. Next deh.
   Perjalanan lancar, kami mampir dulu ke masjid buat sholat magrib. Setelah itu melanjutkan perjalanan lewat nongkojajar. Disitu udara sudah mulai dingin, dan karena kami berangkat sore jadi saat diperjalanan dan ditengah hutan itu sudah gelap. Lumayan juga sih, tapi karena ramean jadi ga begitu berasa. Ditambah Aji selalu melakukan adegan-adegan aneh seperti buka helm lah, goyang-goyangin motor lah, tau itu ditempat orang, ditengah hutan dan disana kepercayaan nya masih pekat, kan jadi serem. Udah deh, skip sampai pada medan jalan yang bener-bener nanjak 1 motor yaitu yang dikendarai Ruth (cewek lho, gila gak sihberani banget ke bromo dan itu gonceng Atika yang sama-sama cewek) gak bisa nanjak. Disitu posisinya motor gw-Aji udah naik duluan, dan begitu kita di klaksonin terus dari belakang akhirnya berhenti. Saat berhenti itu depan dan belakang gw tiba-tiba udah ada bapak2 aja. Wah otak gw udah nethink aja, takut pemerasan. Ternyata si bapak minta kita untuk hitung rombongannya , dan ternyata kurang 1, yaitu Ruth. Jadi bapaknya nolongin untuk boncengin Ruth pakai motor dia. Udah nih, sampe akhirnya rombongan kami sampai di rest area bromo. Disitu tukang jualan udah mulai berdatangan. Dan disitu juga mulai terjadi hal yang gaenak. Bapak yang menolong kami tadi tidak ingin diberi imbalan. Beliau malah bilang kalau kami mau camping sudah tidak bisa karena portal menuju camping ground sudah tutup dan akan dibuka kembali pukul 2 pagi. Alhasil kami luntang lantung tidak ada tempat berteduh dan pada akhirnya si bapak memberikan 'solusi' dengan menawarkan kami sebuah homestay untuk beteduh. Homestay tersebut lumayan banget harganya, sekitar 1,4jt awalnya. Namun di nego2 karena disitu posisi kami ga pada bawa uang banyak akhir dapet 700rb dan itu udah diluar budget yang seharusnya :) Oh ya, trip ini kami bayar 100rb/orang ke Imad untuk biaya sewa motor, tiket masuk, dan sewa tenda. Sebenernya itu uang masih cukup2 aja, tp jadi ngepas begitu harus ketambahan bayar homestay. Udah deh kena jebakan batman :)) ditambah kami juga ga bawa ransum yang memadai otomatis tetap keluar juga dari homestay buat cari makan di warung terdekat. Sebnenernya niat kami mau ngemper aja diwarung tapi yasudah lah, mungkin ini jalan untuk kami istirahat lebih baik lagi.

tim warung nasi goreng 15rb

Malem itu setelah makan kami semua tidur dengan nyenyak di homestay seharga 700rb padahal cuman numpang tidur ga sampe 7 jam :) It's okay yang penting anak-anak cowok yang nyetir bisa rebahan bentar. Kemudian pukul 1 pagi kami mulai siap-siap untuk berangkat ke penanjakan. The journey has begun!
dah kayak ulet keket aja si Nurul :)

Janwandri dan dayang-dayangnya wkwk. Dari kiri: Atika-Devi-Janwandri-Aldhea-Mutya
   Perjalanan ke penanjakan awalnya mulus sampai pada akhirnya satu persatu motor yang rombongan kami pakai mulai tumbamg. Dimulai dari motor masdho yang sejak awal sudah tidak bisa nanjak jika ngebonceng Ghea, akhirnya ghea turun dan gw ga tau sih dia naik ojek apa jalan kaki. Kemudian motor adam yang Ngegoncengin ruth juga udah mati total ga bisa nanjak. TIba saatnya motor PCX putih kebanggaan gw juga ga bisa nanjak dan ngeluarin asap mengebul dan akhirnya gw harus turun dari motor. Begonya itu posisi motor lagi nanjak-nanjaknya dan disitu lagi banyak jeep dan motor ojek lalu lalang. Ada satu ojek nawarin gw buat keatas bareng dia dan dengan gampangnya gw iyain meninggalkan ajisu sendiri nahan itu motor PCX segede gaban ditengah jalan menanjak :")  I'm feel so sorry dan ga enakbanget sama dia. Tapi gatau deh yang ada di otak saat itu yaudah cepet2 sampe penanjakan. Untung disitu masih ada dimas dan adam yang memang motornya udah mati.
Next deh ya, akhirnya Ajisu dan dimas muncul juga di penanjakan. Anak-anak pada sholat dulu, terus mulai menikmati sunrise. Udara disana dingin banget, sekitar 8-11 derajatan. Anak pantai diajak ke gunung suhu segitu ya membeku :)) dan terjadilah lagi, syifa salah satu temen gw kedinginan hebat. Gw ga tau sih itu menuju hipotermia apa gak, tapi dia udah menggigil banget dan akhirnya gw bawa dia ke warung biar lebih hangat. Udah singkat cerita lagi dia udah mendingan dan kita ikut gabung sama anak-anak di penanjakan atas. Subhanallah, indah bangettt!!! Tapi syifa masih tetep kedinginan karena matahari saat itu belum terlalu muncul.  Oke, dah pusing kan lihat tulisan terus? sekarang waktunya gw buat ngeluarin foto-foto di penanjakan!

Aku, syifa dan Ajisu. Tim tidak lihat sunrise :)

Finally, ciwik2 yang ngidam ke bromo kesampean :)

Special thanks to masdho (PSP 16) yang mau ikut dalam trip ini wkwk

Sama orang banyak asisten

Oke, penanjakan udah. Dan ditengah-tengah keriweuhan foto sana sini itu, motor PCX putih dan merah akhirnya dengan berat hati di angkut kebengkel. Dan uniknya disini adalah.... mengangkut motor yang mogok itu pakai motor lagi, gak pakai pickup. 1 motor dihargai 800rb. Ini pelajaran bagi kita semua bahwa ke bromo itu harus pakai motor yang memang kuat nanjak :)) keluar lagi deh duitsss. Yang tadinya mau ke bromo low budget jadi sama aja kayak naik jeep yg sekitara 250-300k. Yaudah deh ga papa tapi pengalamannya berhargaaa pooooulllllllll.

Foto ikonik dari pejalanan trip ini: Mengangkut motor dengan motor

Next, akhirnya kami semua turun menuju ke bengkel motor PCX putih dan merah ini :)) Disana ga banyak omong lah ya, anak2 banyak yang mulai merasa ngntuksss dan disana kita rundingan untuk masalah biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Jadi total biaya tambahan yang dikeluarkan adalah 68000 hanya untuk angkut motor dan service motor tersebut.  Kalau gw hitung2 berarti pengeluaran gw buat ke bromo itu 100+68+50 (bensin) = 218 belum lagi gw beli makan, ya jatuhnya sama aja sih sekitar 250 tapi tanpa ke lautan pasir :) its okay, kalau naik jeep ga ada ceritanya kayak begini :) Makasih poulll sama pak imad yang udah menuntu kami melalui trip yang sangat berkesan ini. Kekeluargaan yang dibangun lebih mengena ceunah daripada Swivel wkwkk. Udah deh, singkat cerita kami semua balik ke Malang dan sempat singgah di masjid dulu untuk sholat jumat dan makan.

Bayangin aja rombongan sebanyak itu bisan konvoi dan budal ke bromo naik motor itu so amazing banget :") terharu bisa begini

Udah pada capek, posisi di Pasuruan otw Malang

Konvoi rombongan Trip Bromo :)