#KULIAH : MASUK PERIKANAN? (bag. 1)

    Alhamdulillah akhirnya gw diberi kesempatan untuk nulis lagi di blog ini :) setelah beberapa kali merasa sangat tidak bergairah untuk menulis akhirnya hasrat w untuk curhat dan cerita di blog ini kembali lagi, hehe :)) Udah segitu dulu pembukaannya, sekarang mah fokus baca ceritanya yaa :))))
    Jadi... alhamdulillah sekarang gw sudah menjadi mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) di Universitas Brawijaya, Malang. Jurusan yang gw pilih adalah Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan (PSPK) prodi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP). Inilah bedanya FPIK di UB dengan FPIK di univ-univ lain. Setau gw kalau univ lain itu awal masuk kuliah hanya milih jurusan, sedangkan di FPIK UB langsung milih prodi yang kita mau. Bingung? oke, sesuai judul entrinya maka disini sebisa mungkin gw jelasin apa yang gw tau tentang Jurusan Perikanan.
    FPIK UB terdapat 6 Program Studi, yaitu : Budidaya Perairan (BP), Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP), Ilmu Kelautan (IK), Teknologi Hasil Perikanan (THP), Manajemen Sumberdaya Perikanan (MSP), Agrobisnis Perikanan (AP) . Dan gw masuk prodi PSP. Oh ya, sekarang ini gw jalan semester 3.
    Awal-awal gw masuk perikanan tuh bisa dibilang last choice banget. Gw udah gak keterima di jurusan yang gw pinginin banget. gw tipe yang gak terlalu mentingin di univ mana yang penting negeri dan jurusannya sesuai keinginan. Tapi Allah berkata lain, gw ga boleh kayaknya belajar tuh yang namanya Ilmu Gizi, jadi kemana pun gw daftar ga ada yang nerima gw (wkwk) dan ketika sedang dalam fase pasrah-pasrahnya gw nemu satu nama jurusan : PSP. Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. FPIK.
Wah, gw langsung bingung setengah mati. Itu perikanan woi, bahkan (ya Allah gw sombong amat) gak lirik itu fakultas. Padahal kalau ujung-ujungnya gw di perikanan gw bisa milih perikanan pas SNM tp gw ketemu perikanan di jalur mandiri UB. Balik lagi, jadi gw penasaran sama itu prodi. Gw coba cari cerita-cerita tentang PSP UB sebelum mantap mendaftarkan diri. Tapi di blog agak jarang ya yang bahas tentang prodi-prodi di Perikanan gitu. Gw cuman nemu blog anak UNDIP tentang perikanan dan yaaahhh, sedikit tertarik. Sedikit doang. Dan cendrung pasrah gitu.. gw agak bimbang mau pilih yang lain apa perikanan aja, tapi setelah pikir-pikir (atau gak mikir ya waktu itu? wkwk) pokoknya gw gak mau gap year tahun itu jadinya gw langsung isi aja tuh prodi yang dipilih. Waktu daftar mandiri UB pilihan pertama gw PSP dan kedua THP. Oke, ini penjelasan gw kenapa milih dua prodi itu.
   Pertama, gw minat dibidang perpanganan. Jadi gw mikir karena gizi gw gak keterima jadi perikanan bisa jadi solusi. Kedua, gue milih PSP (Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan) karena nama prodi itu mencerminkan memanfaatkan sumberdaya ikan. Ini gw mikirnya bakal sebelas dua belas sama teknologi pangan gitu, cuman bedanya objek pangannya adalah hasil laut. Tapi apakah benar? Ini bakal gw bahas di entri berikutnya yaaaa
Kemudian THP, gw milih ini karena ada kata "hasil" dan gw mikir juga mungkin bakal sebelas dua belas sama tekpang juga, pasti bakal ngolah-ngolah ikan pakai teknologi. Ini gw mikirnya simpel banget. Tapi apakah benar? gw bahas nanti di entri berikutnya. Dan alhasil gw keterima di pilihan pertama, yaitu PSP. Mulai detik itu gw bisa tidur dengan nyenyak walaupun hati masih mengganjal karena apadaya prodi tidak sesuai dengan hati :) Tapi apakah benar tidak sesuai dengan hati? ternyata eh ternyataaaa setelah dijalani...... (penasan yaa penasarann wkwk /apaansih)

  Maaf ya ini entrinya rada ngaco, gak urut, mungkin bakal lebih baik lagi di entri selanjutnya. Baca ya entri selanjutnya... cerita gw masih panjang tentang prodi-prodi di perikanan ini. Dan gw bakal banyak cerita tentang kehidupan di perikanan yang gw rasakan dan mungkin bisa jadi pedoman bagi kalian yang emang lagi galau juga nyari jurusan wkwk. Sekian, Kita Satu FPIK!
 
LINK :
#KULIAH : MASUK PERIKANAN? (bag. 1)
#KULIAH : MASUK PERIKANAN? (bag 2- Tentang Prodi)
#KULIAH : MASUK PERIKANAN? (bag 3- Tentang Prodi)
#KULIAH : MASUK PERIKANAN? (bag 4- end)

Komentar

Postingan Populer