#KULIAH : MASUK PERIKANAN? (bag 2 - Tentang Prodi)

  Welcome back to my channel! Ehh salah-salah, itu mah pembukaan untuk vlog. Kalau Blog mah mungkin gini: Hi readers, akhirnya gw nulis lagi bla bla bla. Tapi sekarang gw bukan mau bahas tentang pembukaan blog dan vlog yaaa. Kali ini gw mau cerita lagi tentang kuliah di Perikanan. Pasti pada penasaran kan (iya kan? hehe) sama kelanjutannya. So, di tulisan ini gw mau cerita semampu gw tentang prodi-prodi yang ada di FPIK UB, khususnya gw mau jabarin prodi gw sendiri (punten akang dan teteh kating yang baca kalau abi ada salah dalam penyampaiannya)
   Waktu itu gw cerita gw milih dua prodi perikanan ketika mandiri UB. Prodi pertama PSP dan kedua THP. Gw juga udah jabarin kenapa gw milih dua itu dengan teori-teori aneh gw sebelum resmi jadi mahasiswa FPIK, wkwk. Nah, setelah gw resmi jadi mahasiswa baru FPIK gw jadi ngerti kalau teori gw itu 1000% salah.
Nah loh.
   Mungkin ini definisi sesungguhnya dari kalimat "don't judge by its cover". Ternyata gw salah besar! Gw cuman menilai jurusan dari judulnya aja. Dan ternyata judulnya pun (menurut gw) kurang cocok sama apa yang didalemnya. Alhasil gw kejebak... awalnya sih.
Jadi, PSP di FPIK UB adalah jurusan yang tidak menitikberatkan pada memanfaatkan hasil perikanan. Jadi kalau PSP itu sebelas dua belas sama tekpang itu salah besar! Ini yang mau asal masuk perikanan harus lebih teliti lagi, jangan sampai kalian-kalian yang lagi pasrah banget dan menganggap perikanan jalan terakhir dan akan membawa pencerahan bagi hati yang gundah, eh malah setelah masuk makin gundah. Sekarang gw mau jabarin tiap prodi. Mulai dari Prodi saya tercintah.

1.PSP
PSP itu lebih tepatnya prodi penangkapan.
Penangkapan  
ini sampai gw highlight karena ini penting untuk diingat. Jadi setelah gw masuk ke PSP gw jadi ngerti maksud dari "pemanfaatan" itu maybe lebih ke "memanfaatkan sumberdaya ikan yang ada di dalam laut" bukan memanfaatkan sumberdaya ikan yang telah ditangkap dari laut. Beda yaaaaa. Lalu pasti timbul pertanyaan. Jadi nelayan dong? 
enggak dong, kami bisa dibilang nelayan berdasi :) Jangan dipikir prodi ini belajar mancing yaaa. Ternyata dunia penangkapan ikan itu tidak sesempit yang dibayangkan kebanyakan orang. Semester awal prodi ini memang jadi semester ujian ketahanan apakah tetap mau di PSP atau pindah prodi, atau bahkan pindah fakultas (wkwk) karena semester 1 di PSP FPIK UB ada mata kuliah renang. 

Renang
Ini bukan mau nakut-nakutin sih. Tapi kalau kalian yang emang bener-bener phobia air, dan merasa gak bisa ngelawan itu.. mungkin bakal jadi masa-masa tersulit. Eitsss, tapi jangan nyerahhh. Disini kita belajar bareng kok. dari yang tadinya gak bisa renang bisa jadi mahir banget lho! Kalian bakalan di dampingin sama tim asisten yang akan menjamin 10000% keselamatan kalian. Mereka bakal ngajarin kalian renang dengan teknik yang benar. Hitung-hitung les renang gratis, oke banget kan? Yang gw rasain ya ketika tau ada matkul renang, itu speechless sekaligus senang. Senangnya kenapa, karena gw menderita asma dan dengan berenang rutin seminggu sekali selama 6 bulan itu udah cukup banget buat ngurangin kambuh asma gw. Berasa sehat banget intinya, dan gak perlu diet-diet gw udah ngurusin sendiri (ini poin penting bagi wanita, wkwk) Gak cuman renang, tapi nanti bakalan ada matakuliah lanjutan yaitu OBA (observasi bawah air). dimata kuliah itu kalian bakal pakai lengkap ASD (alat selam dasar). Sebenarnya ASD ini udah dipakai sih dari matkul renang tapi di matkul renang hanya pengenalan dasar aja. Seinget gw cuman make ASD 2 atau 3 kali ketika kelas renang. Terus, ada yang bilang PSP itu enakkk. Singkatannya aja Praktikum Serasa Piknik. Bener gak sih? bener bangettttt. Karena PSP jarang masuk lab, gak kayak prodi lain. PSP lebih sering praktikum ke Pantai. Siapin sunblok aja wkwk. Tapi untuk yang masuk ke prodi lain jangan khwatir, karena kalian bakalan kedapetan matkul wajib PSP juga kok, itu berarti kalian juga harus piknik, eh praktikum ke pantai atau pelabuhan :)) Gw kasih tau nih, bedasarkan pengalaman gw yang sekarang matkul yang keluar ( ke Pelabuhan, ke laut) adalah Oseanografi dan Metode Penangkapan Ikan. Dua matkul itu wajib diambil seluruh prodi di FPIK. Jadi bisa bayangin aja kalau praktikum gimana. Berasa piknik, jalan ke pelabuhan naik bis, berangkat malem-malem. Eitss, tapi tetep ada ujiannya yaaa. Ujiannya ini biasanya 2 kali. Post-test dan pre-test. Post-test biasanya dilakukan sebelum berangkat, atau setelah sampai ditempat praktikum. Pre-test dilakukan setelah sesi praktikum selesai. Kemudian setelah itu kalian bakal nulis laporan yang asistensi nya cukup bertahap. Ini sih yang bikin masuk Perikanan itu beda dari fakultas-fakultas lain (kecuali pertanian dan peternakan karena mereka juga nulis laporan seabrek). Disini kami mengenal yang namanya "asistensi" alias ngumpulin laporan dan perbaikan laporan dengan asisten. Ini sih di nikmatin aja yaaa. Banyak protes tapi nanti kangen juga pasti hehe.  Terakhir adalah UAP alias Ujian Akhir Praktikum, setelah itu bebass deh tinggal nunggu nilai. Nah, PSP itu terkenal paling sedikit laporannya. Kenapa? Gak tau juga sih, karena gw belum semester tinggi, tapi dari yang gw liat-liat nih yaa.. PSP itu prodi yang lebih banyak main aplikasi. Heh maksudnya gimana? Kalau kalian masuk PSP bakalan gak asing lagi sama aplikasi pemetaan seperti ArcGis. Kemudian aplikasi pengolahan suhu dsb seperti SeaDass, dan aplikasi-aplikasi lain seperti ODV, WRPlot, Minitab dsb. Untuk saat ini gw masih sampai situ aja sih aplikasinya. Kalau liat-liat dan denger cerita PSP juga bakalan berkutat dengan aplikasi desain kapal. So, PSP itu unik yaa? Masih penasaran dengan PSP? mungkin kalian bisa liat daftar matkul PSP. Ini gw share karena bisa jadi pandangan kalian bakal berubah setelah liat apa aja yang bakal dipelajari di PSP ini. Gw aja langsung berubah pandangan tentang PSP. langsung mikir PSP itu keren banget. Teknik Banget. Gimana kalau menurut kalian?










Sumber : Buku Pedoman FPIK UB

Gak usah dibawa pusing sihhh, ini cuman sharing aja kok :) Karena kalau gw pribadi langsung merasa takdir gw bagus banget bisa masuk ke jurusan ini. Setelah gw jalanin (walaupun baru 3 semester) gw gak bisa kebayang kalau gw masuk selain PSP. Gitu sih yang bisa gw ceritain tentang prodi PSP kali ini. Next time gw bakal cerita selain akademiknya, tapi gw mau lanjut ke prodi-prodi yang lain dulu.
Mungkin buat prodi yang lain gak akan sepanjang ini karena gw bakal cerita apa yang gw liat aja karena gw bukan bagian dari akademik mereka :)

LINK : #KULIAH : MASUK PERIKANAN? (bag. 1)
#KULIAH : MASUK PERIKANAN? (bag 2- Tentang Prodi)
#KULIAH : MASUK PERIKANAN? (bag 3- Tentang Prodi)
#KULIAH : MASUK PERIKANAN? (bag 4- end)

Komentar

Postingan Populer