#KULIAH : MASUK PERIKANAN? (bag 3- Tentang Prodi)

  Halooo lanjut yaaaa kali ini gw bakal kasih gambaran tentang beberapa prodi di FPIK. Maaf banget mungkin tidak akan terlalu detail karena gw bukan bagian dari akademik mereka jadi kurang mengerti didalemnya seperti apa. Tapi mungkin ini yang bisa gw infokan sebaik-baiknya.
2. THP
Teknologi Hasil Perikanan. Ini prodi yang sebenernya gw pinginin karena ternyata dialah yang sebelas dua belas sama tekpang :"")) tapi karena gw sok tahu banget dulu jadi malah milih yang lain, wkwk. Gw cuman pelajaran dasaaarrr banget dari THP, yaitu Penanganan Hasil Perikanan. Jadi yang gw dapet dari matkul dan praktikum adalah THP ini pintu awal dari produk perikanan yang segar dan berkualitaas baik untuk konsumen. THP juga tempat dimana kalian bisa belajar pengolahan ikan yang benar gimana, penanganan ikan yang baik gimana (pendinginan dsb). Terus yang aku tahu anak THP itu udah biasa banget main ke lab. Ini beberapa matkul yang akan dipelajari di THP.
Sumber : Pedoman Pendidikan FPIK
untuk lebih lengkapnya bisa di download di: https://fpik.ub.ac.id/wp-content/uploads/2018/03/Pedoman-Pendidikan-17-18.pdf

3. Ilmu Kelautan
Ini satu jurusan dengan PSP, yaitu jurusan PSPK. Ilmu kelautan ini gelarnya beda sendiri dari prodi lain di FPIK. Kalau sudah jadi lulusan IK gelarnya adalah S. Kel. Sama halnya dengan PSP, IK juga mewajibkan mahasiswanya mengikuti kelas renang. Untuk IK, selain renang ada juga widya selam. Bagi kalian yang jiwa nya penjelajah banget pasti bakal seneng masuk IK karena bisa jelajah laut, wkwkk *sok tau . Matakuliah wajib IK yang udah gw pelajarin yaitu Oseanografi. Praktikumnya aja udah kelautan banget, ambil2 air di laut, ngukur kecerahan, ngukur pasang surut di laut. Dan itu gak hanya mejeng di pinggir pantai terus ambil airnya yaaa.. kita ikut kapal kecil gitu. Cuman itu sih yang bisa gw kasih gambarannya ke kalian. Kalau pingin tahu kira-kira di IK belajar apa aja mungkin gw bisa kasih bocorannya sedkit :
Sumber : Pedoman Pendidikan FPIK
untuk lebih lengkapnya bisa di download di: https://fpik.ub.ac.id/wp-content/uploads/2018/03/Pedoman-Pendidikan-17-18.pdf

4. Budidaya Perairan
Nah ini jurusan perairan tawar dan payau, bukan laut lagi. BP ini belajar pembudidayaan ikan. Dari nama dan dari penjelasan juga sudah tidak perlu dijelaskan lebih dalam lagi ya. BP ini laporannya yang paling bikin geleng-geleng kepala karena banyaaakkk banget. Tapi tenang aja, kalau kuat dijalani, gak kuat ditinggal ngopi, hehe. Santai aja, yang penting saling bahu membahu insyaallah masa-masa sulit akan terlewati. matakuliah wajib BP yang udah gw pelajari adalah dasar-dasar akuakultur. Disini gw praktik mulai dari awal persiapan lahan untuk budidaya sampai pemanenan. Praktikumnya di tambak ikan di UPT perairan tawar sumberpasir. Kalau pingin tahu kira-kira di BP belajar apa aja, ini gw kasih bocorannya sedikit:
Sumber : Pedoman Pendidikan FPIK

Mungkin segitu dulu yaaaa, entri selanjut nya masih tetep lanjut bahas prodi, karena masih kurang 2 prodi lain. Penasaran? bookmark aja ya blog gw, hehe :)


LINK:
#KULIAH : MASUK PERIKANAN? (bag. 1)
#KULIAH : MASUK PERIKANAN? (bag 2- Tentang Prodi)
#KULIAH : MASUK PERIKANAN? (bag 3- Tentang Prodi)
#KULIAH : MASUK PERIKANAN? (bag 4- end)

Komentar

Postingan Populer